Social Icons

Pages

Wednesday 3 February 2016

PROGRAM ROHIS SMP MUHAMMADIYAH 29 SAWANGAN

        ROHIS adalah sebuah komunitas Islam yang terorganisasi di sekolah dengan menghimpun para pelajar yang berperan aktif dalam keagamaan serta kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Tujuan utama dibentuknya Rohis adalah untuk membetuk pelajar yang berkepribadian baik berakhlaqul karimah. Rohis sangat cocok bagi mereka yang ingin mendalami agama Islam atau mengembangkan bakat-bakat islamiah lainnya. Rohis juga banyak memiliki program-program yang sangat bermanfaat bagi para pelajar dimasa sekarang maupun yang akan datang. Terkadang porsi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah masih kurang terlebih lagi pada sekolah-sekolah umum seperti SMP/SMA. Pelajaran Agama Islam memang sangat luas di dalamnya terkandung akhlaq, aqidah, Al Qur'an, hadits, fiqih dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu, dengan adanya Rohis dapat mengcover beberapa kekurangan-kekurangan itu semua. 
       SMP MUHAMMADIYAH 29 telah membentuk kembali kegiatan Rohis setelah beberapa tahun vakum. Sekarang kegiatan Rohis dibina Oleh admin sendiri Ichwan Darmawan selaku guru Pendidikan Agama Islam. Saya diamanatkan membimbing siswa/i di sini untuk membentuk karakter keislaman mereka. Perinsif saya, ilmu agama Islam apapun yang saya bisa yang mereka sanggup memahaminya, maka akan terus saya transfer ilmu saya dengan kesabaran dan keikhlasan. Tentunya dengan batasan-batasan yang sesuai dengan jenjang pendidikan. Selanjutnya saya berupaya mensosialisasikan kegiatan ini kepada siswa/i agar lebih populer. Lalu saya mencoba sedikit-sedikit menggali kesadaran mereka akan pentingnya ilmu agama. Pada akhirnya, Rohis SMP MUHAMMADIYAH 29 pun mulai dikenal dengan sebutan ROHIS 29.
Berikut ini adalah program ROHIS 29:

PROGRAM BTQ (Bimbingan Tilawatil Qur'an)
       Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu. diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengajari serta mengayomi para pelajar dalam membaca Al Qur'an dari yang belum lancar sampai yang sudah lancar. Program ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu : 
Tingkat Iqra (bagi yang belum lancar)
Tingkat Al Qur'an (bagi yang sudah lancar)

PROGRAM BTA (Bimbingan Tahfidz Al Qur'an)
   Bagi pelajar yang ingin mencoba menghafal Al Qur'an, bisa mengikuti kegiatan ini. dalam kegiatan ini para hafidz akan dibimbing dalam menghafal Al Qur'an. Adapun surat-surat yang dihafal adalah mulai dari surat-surat Juz 'Amma hingga surat- surat pilihan seperti surat Yaa Sin, surat Al Waqi'ah, surat Ar Rahman, surat Al Mulk, Surat Nuh dan beberapa surat lainnya. ROHIS akan memberikan apresiasi penghargaan bagi pelajar dari anggota rohis yang mampu menghafal surat-surat tertentu.


PROGRAM BIS (Bimbingan Ibadah Shalat)
     Sangat disayangkan sekali jika sudah SMP namun shalatnya masih belum benar bahkan masih ada yang malas shalat. Apalagi jika dilihat pada era saat ini dimana banyak pelajar yang lebih sibuk bermain asyik menikmati kecanggihan teknologi sehingga lupa dengan kewajiban utamanya sebagai seorang muslim yaitu shalat. Maka dari itu, program ini wajib diadakan agar para pelajar mampu melaksanakan ibadah dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan Al Qur'an dan Al Hadits. kegiatan ini diadakan dua minggu sekali, berikut adalah materi-materi yang akan diajarkan :
  • Tata cara Bersuci
  • Tatacara Shalat Fardhu
  • Tatacara Shalat Jenazah
  • Tatacara Shalat-shalat Sunnah (Tahajjud, Dluha, Dua Hari Raya, dsb.
  • Pembahasan-pembahasan berkaitan dengan Batasan-batasan laki-laki dan perempuan.

ROGRAM MUHADHARAH
         Muhadharah adalah kegiatan latihan berpidato. Dalam muhadharah ada khitobah yaitu bagaimana cara berkomunikasi dengan mengandalkan seni dan kepandaian dalam berbicara. Khitobah sendiri merupakan suatu metode dakwah yang banyak dihiasi dengan karakter bicara seorang da'i pada saat berdakwah. Jadi, dalam muhadharah para pelajar diajarkan berceramah dengan pengayaan teknik dan materi juga gaya bahasa yang mampu menarik para pendengar. Melalui kegiatan ini, para pelajar dilatih untuk mampu berbicara di depan teman-temannya juga di depan orang banyak dengan menyampaikan pesan-pesan dalam dakwahnya.
      Selain itu, diajarkan pula bagaimana cara menjadi pembawa acara yang baik. Jadi, secara bergiliran para pelajar mendapat tugasnya masing-masing. Ada yang menjadi MC, pembaca Al Qur'an, pidato dsb. Dalam pidato mereka harus menyampaikan ayat atau hadits yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Di akhr kegiatan pembina memberikan bimbingan dan evaluasi terhadap MC, Pidato dang pengisi acara lainnya. Kedepannya, inysa Allah akan diajarkan juga berpidato dan ber-MC dengan berbahasa Inggris dan Arab.
         Fadhilah utama dari kegiatan ini adalah para pelajar mampu mempunyai mental yang kuat dalam menyampaikan dakwahnya karena kewajiban berdakwah itu bagi siapa saja. Dengan mempunyai modal cara berbicara dan penyampaian yang baik insya Allah akan mudah diterima dan dipahami oleh orang yang mendengar.
         
            Selain program-program di atas masih banyak lagi hal-hal positif yang ada dalam Rohis 29 ini. Agar semakin menarik dan tidak terlihat monoton juga tidak ketinggalan zaman tentunya, Rohis 29 terkadang mengadakan kegiatan BAHAS AYAT, BAHAS HADITS dan GAME yang disuguhkan dengan media audiovisual. 


No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates