Social Icons

Pages

Monday 8 February 2016

PIDATO TENTANG TIGA AMALAN PAMUNGKAS SETELAH KEMATIAN

Assalamu’alaikum
Alhamdulillahil ladzi kholaqol mauta wal hayaata liyabluakum ayyukum ahsanu ‘amalaa. Asyhadu al laailaha illallah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh laa nabiyya ba’dah. Allahumma sholli wa sallim ‘alaa muhammadin wa alihi wa shohbihi ajma’in. Amma ba’d

Yang terhormat Bpk. Mahmud S.Pd selaku kepala sekolah SMPM 29 Sawangan
Yang terhormat Para guru sekalian serta teman-temanku yang berbahagia
Maha besar Allah yang masih memberikan kita kehidupan dan kekuatan untuk selalu beribadah kepadanya. Shalawat dan salam selalu terkirimkan kepada khoiril anam Muhammad Saw.
Baiklah berdirinya saya disini, hanya ingin menyampaikan sedikit ilmu yang saya miliki dari SMPM 29 ini yang berjudul :

3 AMALAN PAMUNGKAS SETELAH KEMATIAN


Kaum muslimin dan muslimat
Kewajiban kita sebagai hamba Allah adalah beribadah kepadanya. Sebagaimana firman Allah dalam surat Az Dzariyat ayat 56 “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku”. Ibadah hanya bisa dilakukan ketika kita hidup dan dunia ini adalah tempatnya. Jadi, jika kita telah mati, tidak akan ada lagi ibadah yang bisa kita kerjakan. Akan tetapi janganlah bersedih dahulu, karena ternyata ada tiga amalan ibadah yang mana pahalanya akan terus mengalir walau kita telah mati.

Kaum muslimin dan muslimat
Rasulullah Saw bersabda : Idza maatabnu aadam inqotho’a ‘amaluhu illa tsalasah, shodaqoh jaariyah,aw ‘ilmin yuntafa’u fiih, aw waladin shoolih yad’u lah.
Artinya : Apabila telah mati seseorang maka putuslah segala amalnya kecuali tiga, yaitu : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendoakannya.
Dari hadis tadi di jelaskan bahwa shadaqah jariyah adalah amal yang tiada putusnya, maka marilah kita perbanyak bersodakoh dimanapun dan kapan pun. Seperti disekolah kita ini misalnya setiap jum’at mengadakan shadaqah jariyah, maka marilah kita belajar untuk bersodaqoh baik 1000 atau pun 2000 yang penting ikhlas lillahi ta’ala.
         Kemudian ilmu yang bermanfaat, artinya marilah kita saling mengajarkan kepada teman kita yang belum mengerti akan pelajaran atau mengajari adik-adik kita di rumah. Sehingga ilmu kita menjadi manfaat untuk kita dan orang lain.

Kaum muslimin dan muslimat
Yang ketiga dari amal yang tidak akan pustus adalah anak shaleh yang mendoakan orangtuanya. Temanku sekalian tentu diantara kita ada yang telah ditinggal pergi orangtuanya, ibu atau ayahnya. Maka pahala yang didapat oleh para orangtua yang telah tiada adalah do’a dari anaknya yang shaleh. Jadi saya mengingatkan kepada kawan yang telah tiada orangtuanya doakanlah mereka karna hanya dengan do’a kalianlah yang bisa menembus alam kubur yaitu doa yang telah diberikan M OYU oleh Allah dan RasulNya. 
Demikianlah pidato dari saya, apabila ada salah kata yang disengaja ataupun tidak disengaja mohon dimaafkan, saya akhiri

Wassalam

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates