Social Icons

Pages

Sunday 7 February 2016

PIDATO TENTANG PERSAUDARAAN DALAM ISLAM


Assalamu’alaikum..

الحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْن، وَعَلَى آَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ.
Yang terhormat Bpk. Mahmud S.Pd selaku kepala sekolah SMPM 29 Sawangan
Yang terhormat Para guru sekalian serta teman-temanku yang berbahagia

Segala puji bagi Allah Swt, Tuhan seru sekalian alam, raja dihari pembalasan, pencipta segala sesuatu di alam semesta.
Sholawat dan salam mari kita ucapkan kepada nabi kita Muhammad Saw yang telahmembawa manusia dari zaman kegelapan menujuzaman yang terang-menderang.

Baiklah,berdirinya saya di depan kalian, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang bertema :
“Persaudaraan dalam Islam"

Saudara kaum muslimin dan muslimat
Islam memerintahkan kepada manusia untuk berbuat kebaikan, dan selalu berbuat baik kepada orang lain. Sebaliknya, Islam melarang umatnya menyalahkan orang lain. Islam mengajarkan kepada seseorang yang memiliki kepercayaan untuk mematuhi perintah Allah dan selalu berbuat kebaikan. Umat Islam diperintahkan untuk saling tolong menolong dalam kebajikan dan dilarang untuk saling tolong menolong dalam keburukan. Karena itu akan merugikan pihak lain. Dalam hal ini Allah Swt berfirman:
¢ (#qçRur$yès?ur n?tã ÎhŽÉ9ø9$# 3uqø)­G9$#ur ( Ÿwur (#qçRur$yès? n?tã ÉOøOM}$# Èbºurôãèø9$#ur 4
“Dan tolong menolonglah kamu dalam berbuat kebaikan dan ketaqwaan dan janganlah kamu tolong menolong dalam keburukan dan pelanggaran”(Q.S.al Ma idah,2)
   Ayat ini menjelaskan bahwa Allah memerintahkan manusia untuk salaing tolong menolong dalam kebaikan dan melarangnya dalam keburukan., seperti perkelahian yang mendatangkan dosa.

Saudara kaum muslimin dan muslimat
Abu Musa berkata dari Rasulullah Saw, umat muslim dengan umat muslim lainnya bagaikan suatu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain.
Maka dari itu, kita sebagai umat muslim mari kita jaga tali persaudaraan kita dengan saling tolong menolong dan berbuat baik kepada sesama. Sehingga kita akan istiqomah dalam menjalankan perintah Allah dan mendapatkan pahala di akhirat. Jadi, siapapun yang ingin menjadi yang terbaik, maka ia harus beribadah kepada Allah, berbuat baik kepada orang lain, menjaga kesalahan dan perkelahian dengan berada di jalan yang benar. Maka, umat Islam akan bahagia dunia dan akhirat.

Saudara kaum muslimin dan muslimat
Karena waktu telah habis, diharapkan kalian dapat mengerta apa yang saya ucapkan. Saya meminta maaaf apabila ada kesalahan dalam ucapan saya, terima kasih atas perhatiannya, terakhir saya ucapkan,
Wassalamu’alaikum...

1 comment:

  1. kita panjatkan puji dan syukur kepada syukur

    ReplyDelete

 
Blogger Templates