Social Icons

Pages

Monday 8 February 2016

PIDATO TENTANG DAMPAK BURUK SIFAT MUNAFIK

Assalamu’alaikum

اِنَّ الْحَمْدُ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ

Yang terhormat Bpk. Mahmud S.Pd selaku kepala sekolah SMPM 29 Sawangan
Yang terhormat Para guru sekalian serta teman-temanku yang berbahagia
          Tiada kata yang pantas diucapkan dari lisan ini, kecuali rasa syukur kita kepada kehadirat Allah yang maha Syakur. Shalawat dan salam terkirimkan kepada nabi khoiril anam Muhammad Saw.
Baiklah berdirinya saya disini tidak bermaksud mengajari, melainkan hanya menyampaikan ilmu yang saya miliki dari SMPM 29 ini yang bertema:

DAMPAK BURUK SIFAT MUNAFIK
Kawan-kawanku sekalian
    Banyak dampak negatif dari sifat munafik, baik bagi dirinya sendiri, orang lain maupun masyarakat pada umumnya. Adapun dampak negative itu antara lain :
1.      Orang itu tidak akan dipercaya orang lain
        Bagaimana orang lain akan percaya kepada dirinya, bila apa yang dikatakannya itu hanya bualan atau kebohongan belaka? Jika orang lain sudah tidak mempercayainya, otomatis mereka akan menjahuinya.
2.      Terjadi konflik dalam dirinya
         Maksudnya adalah akan timbul kewaswasan dalam dirinya, sehingga tidak ada ketentraman, keraguan menghantuinya, begitu pun dengan bisikan hatinya, akan mengalami sakit. Hal ini merupakan bagian siksa Allah di dunia, belum lagi siksa di akhirat yang lebih pedih lagi Allah Swt berfirman :
Îû NÎgÎ/qè=è% ÖÚz£D ãNèdyŠ#tsù ª!$# $ZÊttB ( óOßgs9ur ë>#xtã 7OŠÏ9r& $yJÎ/ (#qçR%x. tbqç/Éõ3tƒ ÇÊÉÈ  
Artinya: “  Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta. (Q.S. al Baqarah, 10).

Kawan-kawanku sekalian
       Dampak buruk berikutnya adalah orang lain akan terjerumus dengan ajakannya. Apa yang mereka lakukan ternyata tidak hanya berimbas pada dirinya, tetapi juga berimbas pada teman-temannya yang lain. Kerusakan yang ditimbulkan oleh orang-orang munafik itu tidak hanya berupa kerusakan fisik, tetapi juga kerusakan mental masyarakat. Mental masyarakat akan teracuni dengan sikap-sikap munafik, seperti suka berdusta, berkhianat, membelot perang, kikir, sombong dan lain sebaginya.

Kawan-kawanku sekalian
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon maaf, akhirul kalam

Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates