Social Icons

Pages

Monday 8 February 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG EMPAT KEWAJIBAN TERHADAP AL QUR'AN

Assalamu’alaikum..Wr…Wb..

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Yang terhormat Bpk. Mahmud S.Pd selaku kepala sekolah SMPM 29 Sawangan
Yang terhormat Para guru sekalian serta teman-temanku yang berbahagia
            Tiada kata yang pantas diucapkan dari lisan ini, kecuali rasa syukur kita kepada kehadirat Allah yang maha Syakur. Shalawat dan salam terkirimkan kepada nabi khoiril anam Muhammad Saw.
Bailah, Pada kesempatan yang ta’zim ini, saya akan menyampaikan tentang :

4 KEWAJIBAN TERHADAP AL QUR’AN
Kita wajib mensyukuri nikmat terhadap Al-Quran yaitu dengan cara, diantaranya dengan melaksanakan kewajiban kita terhadap Al-Quran yaitu :

1. Tilawah, Belajar membaca dengan fasih, dan mengetahui akan ilmu tajwid yaitu memperhatikan makhroj dan sifatul-huruf dan menghindari kesalahan dalam membaca (lahn qiroat). Rasulullah bersabda :
ِلأَصْحَابِ شَفِيْعًا الْقِيَامَةِ يَوْمَ يَأْتِي هُ فَإِنَّ الْقُرْآنَ اِقْرَؤُوْا

“Bacalah al-Qur`an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberi syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membacanya, mempelajari dan mengamalkannya).” (HR. Muslim.)
2. Tahfidz, Belajar menghafal al-quran. Allah SWT telah memberikan kemudahan dalam membaca dan menghapalnya bagi siapa pun yang ingin mengharapkan pahala dan berminat menghapalnya. Firman Allah SWT: Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran (QS. al-Qamar:17)

Kawan kawan yang berbahagia
3.Talim, (mempelajari dan menggali makna di dalam Al-Quran) Belajar memahami makna Al-Quran dengan tafsiran Ulama ahli tafsir yang mendalami tentang Al-Quran, serta belajar memahami terhadap istinbath hukum dari kandungan al Qur’an Sebagaimana dalam sebuah hadist :
وَعَلَّمَهُ اْلقُرْآنَ تَعَلَّمَ مَنْ خَيْرُكُمْ
“Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari al-Qur`an dan    mengajarkannya.”(HR. Al Bukhari).
4.Ta'mil, T'amil (mengamalkan isi Al-Quran) yaitu medalami makna nya dan menerapkan dalam kehidupan sehari hari. Sebagaimana Aisyah memberitahu kita bahwa Nabi Muhammad Saw adalah Al-Quran yang berjalan. dan keutamaan mengamalkanya adalah kenikmatan yang tiada tara.

Kawan kawan yang berbahagia
Semoga uraian singkat ini, dapat bermanfaat, terima kasih atas perhatian dan mohon maaf atas segala kesalahan.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates