Social Icons

Pages

Saturday 13 February 2016

PIDATO TENTANG BALASAN AMAL BAIK DAN BURUK

Assalamu’alaikum

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ هَدَينَا لِهَذَاوَمَاكُنَّالِنَهْتَدِيَ لَوْلاَاَنْ هَدَينَااللهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاُمُ عَلَى حَبِيْبِ اللهِ وَمُحَمَّدٍ نِ ابْنِ عَبْدِاللهِ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالاَهُ. أَمَّا بَعْدُ.
Yang saya hormati, Bapak Mahmud S. Pd selaku kepala sekolah,
Yang saya hormati, dewan guru yang mudah-mudahan dirahmati Allah,
Teman-teman seperjuangan, adik dan kakak kelas yang saya cintai.
         Segala puji hanyalah milik Allah, Tuhan semesta Alam yang tiada lelah mengurus makhluknya, tiada batas memberikan rahmat dan rizkinya hingga kita semua senantiasa mengagunginya dengan mensyukuri nikmatnya. Shalawat dan salam tersampaikan selalu kepada kekasihnya sang pembawa kebenaran nabi Muhammad Saw.
            Baiklah berdirinya saya di mimbar ini akan menyampaikan sebuah pidato yang bertema :
BALASAN AMAL BAIK DAN BURUK
Kawan-kawanku sekalian
Allah menjelaskan bahwa semua orang harus beramal di dunia sebagai bekal di akhirat. Artinya, perbuatan orang di dunia akan di panen di akhirat. Jika ia banyak beramal shaleh, ia akan memanen banyak kenikmatan. Jika ia hanya sedikit amal shalehnya, ia akan menggapai sedikit kenikmatan. Jadi, seperti halnya ia menabung. Jika di dunia tabungannya banyak, ia akan medapatkan kenikmatan yang banyak karena dapat membelanjakan hasil tabungannya tersebut. Sebaliknya, jika tabungannya sedikit ia hanya akan mendapat sedikit kenikmatan karena jumlah tabungannya yang sedikit.

Kawan-kawanku sekalian
Allah Swt berfirman:
`yJsù ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB >o§sŒ #\øyz ¼çnttƒ ÇÐÈ `tBur ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB ;o§sŒ #vx© ¼çnttƒ ÇÑÈ
Artinya :”Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Q.S. al Zalzalah)

Sekecil apapun perbuatan yang kita lakukan di dunia ini, Allah akan membalasnya. Tidak ada seorang pun lolos dari itu semua, walupun mereka melakukan perbuatannya secara sembunyi-sembunyi. Maka dari itu, marilah sama-sama kita memperbanyak amal shaleh, kelak itu akan menjadi tabungan kita di akhirat, dan marilah kita jahui perbuatan-perbuatan yang munkar yang akan menjadi siksa bagi kita nanti di neraka.

Hadirin sekalian
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon maaf, akhirul kalam

Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates