Social Icons

Pages

Monday 8 February 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG ISRA MI'RAJ


Assalamu’alaikum..Wr…Wb..

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Yang terhormat Bpk. Mahmud S.Pd selaku kepala sekolah SMPM 29 Sawangan
Yang terhormat Para guru sekalian serta teman-temanku yang berbahagia
            Tiada kata yang pantas diucapkan dari lisan ini, kecuali rasa syukur kita kepada kehadirat Allah yang maha Syakur. Shalawat dan salam terkirimkan kepada nabi khoiril anam Muhammad Saw.
Bailah, Pada kesempatan yang ta’zim ini, saya akan menyampaikan tentang : ISRA DAN MI’RAJ

Para penuntut ilmu sekalian
Dalam bulan Rajab ada peristiwa yang terpenting bagi umat islam yang tidak boleh terlupakan, yaitu isra’ dan mi’raj. Isra’ berarti perjalanan di malam hari yang dilakukan Nabi Saw. dari Masjidil Haram ke masjidil Aqsa. Dalam perjalanan itu mengandung rahasia yang luar biasa. Berkaitan dengan peristiwa isra’dan mi’raj Nabi Muhammad Saw, Allah telah menjelaskan dalam firman-Nya yang berbunyi:
z`»ysö6ß üÏ%©!$# 3uŽó r& ¾ÍnÏö7yèÎ/ Wxøs9 šÆÏiB ÏÉfó¡yJø9$# ÏQ#tysø9$# n<Î) ÏÉfó¡yJø9$# $|Áø%F{$# Ï%©!$# $oYø.t»t/ ¼çms9öqym ¼çmtƒÎŽã\Ï9 ô`ÏB !$oYÏG»tƒ#uä 4 ¼çm¯RÎ) uqèd ßìŠÏJ¡¡9$# 玍ÅÁt7ø9$# ÇÊÈ  
Artinya:
Maha suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari ini dari masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, yang kami berkati di sekitarnya, supaya Kami perlihatkan tanda-tanda kebesaran Kami padanya. Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi maha melihat. (Q.S. Al Isra, 1)

Para penuntut ilmu sekalian
Dengan peristiwa tersebut bagi kaum mukminin tentunya tidak ada keraguan lagi, karena sudah dijelaskan oleh Allah dalam firmanNya di atas. Adapun yang dinamakan mi ’raj adalah naiknya nabi Muhammad Saw. dari masjid Aqsa menuju ke luar angkasa, dan akhimya sampai yang paling tinggi, yaitu dinamakan sidratul muntaha. Dan tempat yang paling tinggi itu tidak mungkin bisa dijangkau oleh manusia, walaupun dengan menggunakan alat yang canggih, kecuali nabi Saw. yang dapat sampai di sana, karena kekuasaan dan kehendak Allah semata.

Para penuntut ilmu sekalian
Dari tempat tersebut nabi Saw. secara langsung menerima perintah shalat sehari semalam lima waktu, yang harus dikerjakan oleh segenap kaum muslimin dan muslimat seluruh dunia. Maka, shalat menjadi kewajiban kita yang harus dilakukan. Inilah keistimewaan shalat yang mana perintahnya langsung dari Allah tianpa melalui perantara Jibril As.

Para penuntut ilmu sekalian

Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafannya, UUSHIKUM WANAFSII BITAQWALLOOH, WASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates