Social Icons

Pages

Saturday 13 February 2016

PIDATO TENTANG PERSATUAN DALAM ISLAM

Assalamu’alaikum
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِتِّحَادِ وَاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ الْمَتِيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، إِيَّاهُ نَعْبُدُ وَإِيَّاُه نَسْتَعِيْنُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ.

Yang saya hormati, Bapak Mahmud S. Pd selaku kepala sekolah
Yang saya hormati, dewan guru yang mudah-mudahan dirahmati Allah
Teman-teman seperjuangan, adik dan kakak kelas yang saya cintai
         Segala puji hanyalah milik Allah, Tuhan semesta Alam yang tiada lelah mengurus makhluknya, tiada batas memberikan rahmat dan rizkinya hingga kita semua senantiasa mengagunginya dengan mensyukuri nikmatnya. Shalawat dan salam tersampaikan selalu kepada kekasihnya sang pembawa kebenaran nabi Muhammad Saw.
            Baiklah berdirinya saya di mimbar ini akan menyampaikan sebuah pidato yang bertema :
PERSATUAN DALAM ISLAM

Hadirin yang berbahagia
Nash-nash al Qur’an dan sunnah menegaskan bahwa umat Islam wajib mewujudkan persatuan. Namaun persatuan yang diinginkan dalam Islam bukan persatuan yang didasarkan pada ikatan fanatisme, kesukaan ataupun ikatan yang lain. Islam hanya menginginkan persatuan di kalangan umat yang didasarkan pada semangat nilai-nilai keislaman dan tauhid. Allah berfirman :
(#qßJÅÁtGôã$#ur È@ö7pt¿2 «!$# $YèÏJy_ Ÿwur (#qè%§xÿs? ÇÊÉÌÈ
Artinya:” Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai. (Q.S. ali Imran, 103)
Namun demikian, fenomena umat Islam sekarangan ini sangatlah jauh dari ajaran yang disampaikan dalam al Qur’an. Hampir semua cendikiawan muslim menyepakati bahwa kaum muslimin saat ini menghadapi satu problem besar, yaitu tercerai berai menjadi beberapa kelompok. Berbagai fakta menunjukan perpecahan terjadi di bidang ekonomi, politik, aliran agama dll yang menunjukan umat Islam tidak dapat menjalin persatuan yang kokoh berdasarkan tali Allah Swt.

Hadirin yang berbahagia
Apabila diperhatikan secara seksama, perpecahan Islam yang khususnya terjadi di Indonesia ini, lebih disebabkan oleh kesalahpahaman kaum muslimin dalam menyikapi perbedaan yang terjadi. Seharusnya, segala perbedaan yang dialami kaum muslimin ini disikapi dengan arif dan bijaksana. Selama perbedaan tersebut masih dalam koridor yang tidak melanggar batas-batas keyakinan, hendaklah keberagaman tersebut dianggap sebagai berkah dan rahmat bagi kehidupan bangsa dan Negara.

Hadirin sekalian
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon maaf, akhirul kalam

Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates