Social Icons

Pages

Saturday 13 February 2016

PIDATO TENTANG BERBAKTI KEPADA ORANGTUA

Assalamu’alaikum
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ هَدَينَا لِهَذَاوَمَاكُنَّالِنَهْتَدِيَ لَوْلاَاَنْ هَدَينَااللهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاُمُ عَلَى حَبِيْبِ اللهِ وَمُحَمَّدٍ نِ ابْنِ عَبْدِاللهِ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالاَهُ. أَمَّا بَعْدُ.
Yang terhormat Bpk. Mahmud S.Pd selaku kepala sekolah SMPM 29 Sawangan
Yang terhormat Para guru sekalian serta teman-temanku yang berbahagia
            Tiada kata yang pantas diucapkan, melainkan pujian kita kepada ilahi rabbil ‘aalamin yang telah menciptakan kita melalui perantara ayah dan ibu. Shalawat serta salam semoga senatiasa tercurahkan kepada rasul akhir zaman nabi Muhammad Saw.
            Baiklah berdirinya saya di mimbar ini akan menyampaikan sebuah pidato yang bertema :
BERBAKTI KEPADA ORANGTUA

Kawan-kawanku sekalian
Orang tua adalah perantara bagi keberadaan kita di dunia ini. Mereka adalah orang yang paling berjasa bagi hidup kita. Jasa mereka antara lain : Ibu telah mengandung kita selama Sembilan bulan dengan susah payah dan melahirkan kita dengan rasa yang teramat sakit, ibu menyusui kita dengan penuh kasih sayang, ibu pula menjaga kita dan memelihara kita sampai mandiri, bapak berkerja susah payah untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, bapak dan ibulah yang memberikan kita bekal pendidikan, dll.

Kawan-kawanku sekalian
Karena itu, kita wajib berbakti kepada keduanya. Allah juga mewajibkan kita untuk berbakti kepadanya, Allah berfirman :
* 4Ó|Ós%ur y7/u žwr& (#ÿrßç7÷ès? HwÎ) çn$­ƒÎ) Èûøït$Î!ºuqø9$$Î/ur $·Z»|¡ômÎ) 4 ÇËÌÈ  
Artinya:”  Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Q.S. al Isra, 23

Kawan-kawanku sekalian
Adapun cara kita berbakti kepada kedua orangtua yaitu, jika orangtua kita masih hidup maka kita harus bersikap sopan dan hormat kepada mereka setiap saat, memenuhi perintahnya selagi tidak untuk maksiat, membantu pekerjaannya di rumah, mengikuti semua nasihatnya atau membantu ekonominya jika dibutuhkan. Kemudia, jika orangtua kita sudah meninggal yaitu dengan selalu mendo’akannya, melaksanakan wasiatnya, menyambung silaturrahmi dan menjaga nama baiknya.

Kawan-kawanku sekalian
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon maaf, akhirul kalam

Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates