Social Icons

Pages

Thursday 6 October 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG KEUTAMAAN AL QUR'AN



Assalamu’alaikum

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الَّذِى لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّاباللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أمّابَعْدُ
Yang saya hormati, Bpk. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 29 sawangan
Yang saya hormati, Bpk dan Ibu guru yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu namanya namun tidak menghormati rasa hormat saya
Dan teman sekalian yang selalu dimudahkan belajarnya.

Puji syukur kita hanturkan kepada Ilahi Rabbil alamin, yang telah mengkaruniai kepada kita semua, sehingga kita  semua dapat berkumpul di tempat yang mulia ini. Sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada pahlawan besar Islam, pembawa kebenaran penumpas kebatilan dialah nabi Muhammad Saw, yang telah menuntun manusia kepada jalan yang lurus.
            Baiklah, hadirnya saya disini, akan menyampaikan sepatah kata yang bertema :
KEUTAMAAN AL QUR’AN

Teman-temanku sekalian
Al Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril As, yang merupakan petunjuk bagi umat manusia, diawali dengan sural al Fatihah dan ditutup dengan surat an Nas, yangmana membacanya merupakan suatu ibadah yang bernilai pahala di sisi Allah Swt. Al Qur’an juga memiliki keutamaan- keutamaan, di antaranya adalah sebagai berikut berdasarkan dari hadis-hadis yang ada :
1.      Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari al Qur’an dan mengamalkannya
2.      Sesungguhnya al Qur’an itu nanti pada hari kiamat akan mendatangi ahlinya di saat ia sangat membutuhkannya.
3.      Satu huruf dalam al Qur’an dibalas 10 kebaikan.

Kawan-kawanku sekalian
Itulah beberapa keutamaan al Qu’an yang saya dapatkan dari beberapa hadis, betapa besar keutmaannya tersebut. Maka sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Islam untuk mempelajari al Qur’an, memahami isinya dan mengamalkan ajarannya. Karena Dialah bacaan yang tiada keraguan di dalamnya. Allah Swt, berfirman :
Artinya : “Itulah Kitab (Al Quran) Ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (Q.S. al Baqarah, 2)

Kawan-kawanku sekalian
Demikianlah pidato dari saya, semoga membawa manfaat, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates