Social Icons

Pages

Wednesday 5 October 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG KEUTAMAAN ADZAN

Assalamu’alaikum

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الَّذِى لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّاباللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أمّابَعْدُ
Bapak Kepala sekolah SMP Muhammadiyah 29 Sawangan yang kami muliakan
Bapak pembina Rohis SMPM 29 Sawangan yang kami muliakan
Para dewan guru yang kami muliakan
Serta para penuntut ilmu sekalian yang berbahagia

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita atas kehadirat Allah Swt, karena berkat rahmatnya kita semua dapat berkumpul di tempat yang mulia ini.
Solawat dan salam mari kita persembahkan kepada baginda alam, nabi akhir zaman, rasulul amin, nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari zaman kebodohan hingga zaman yang penuh ilmu pengetahuan ini.
Baiklah, hadirnya saya disini akan membawakan sebuah pidato yang berjudul :
KEUTAMAAN ADZAN

Kawanku sekalian
            Setiap umat memiliki panggilan ibadahnya masing-masing. Orang Yahudi menggunakan terompet, orang Nasrani menggunakan lonceng sebagaiman yang diajarkan oleh nabi Isa as. Begitupun dengan Islam mempunyai panggilan untuk beribadah, yaitu adzan. Adzan merupakan panggilan bagi umat muslim untuk beribadah lekas kepada Allah Swt. Ketika kita melakukan sesuatu, maka takala kita mendengar adzan tinggalkanlah perkerjaan itu dan lekaslah mengerjakan sholat. Itulah yang diperintahkan oleh nabi Muhammad Saw.

Kawanku sekalian
Allah Swt berfirman:


Artinya :  Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya Aku termasuk orang-orang yang berserah diri?" (Q.S. Al Fushilat,36)
Ayat di atas merupakan ayat yang dikemukakan oleh Aisyah ra, merupakan ayat yang berkenaan dengan adzan. Sebaik-baiknya suara adalah suara adzan dan orang yang mengumandangkan adzan mendapatkan pahala yang besar karena ia telah mengajak orang kepada kebaikan yaitu beribadah mendirikan shalat berjama’ah di masjid.

Kawanku sekalian
Demikianlah pidato dari saya, semoga membawa manfaat, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri

Wassalam

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates