Social Icons

Pages

Wednesday 5 October 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG JALAN MENUJU TAUBAT

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ فَرَضَ التَّوْبَةَ وَحَرَّمَ الْاِصْرَارَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ كاَتِبُ الْآ ثَارِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَفْوَةُ الْاَخْيارِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ السَّعَادَةِ الْاَخْيارِ. أَمَّا بَعْدُ.
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 29 Sawangan
Yang saya hormati Bapak Ichwan Darmawan selaku pembina Rohis SMPM 29 Sawangan
Yang saya hormati dewan guru sekalian
Serta teman-temanku yang saya cintai

Puja puji sykur kita hanturkan kepada Allah Swt yang mana telah memberikan kita beribu-ribu nikmat sehingga kita semua dapat berkumpul di temat yang mulia ini. Sholawat serta salam marilah kita persembahkan untuk nabi akhir zaman ialah nabi Muhammad Saw yang telah membawa ummatnya dari zaman kebodohan hingga zaman terang-menderang seperti sekarang ini.
Baikalah berdirinya saya disini hanya ingin menyampaikan seuntaian kata yang berjudul :
JALAN MENUJU TAUBAT

Hadirin yang dimuliakan Allah
Allah Swt berfirman :

“Dan dialah yang menerima Taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan”. Q.S. As Syuura ayat 25.
            Ayat diatas menerangkan kepada kita bahwasanya Allah Swt maha pengampun dan penerima taubat. Setiap manusia pasti memiliki kesalahan sehinga tidak pernah luput dari dosa. Maka sudah diwajibkan bagi setiap insan untuk selalu bertaubat kepada Allah disaat melakukan suatau kesalahan baik disengaja ataupun tidak disengaja. Kerap kali manusia melakukan kehilafan lalu membaca istigfar untuk memohon ampunan kepada Allah Swt, itu merupakn salah satu bentuk pertaubatan kepada Allah Swt. Namun, taubat yang sesungguhnya tidaklah cukup sampai disitu, apalagi dosa yang dilakukan termasuk dosa besar. Walaupun taubat merupakan jalan keluar dari segala masalah dosa-dosa yang ada, namun taubat juga memiliki aturan yang harus dilakukan saat seseorang bertaubat.

Hadirin yang berbahagia
            Adapun syarat dari taubat itu sendiri adalah harus timbul adanya rasa penyesalan dari dalam hati yang paling dalam, sehingga ia merasa bahwa dirinya itu benar benar telah berbuat sesuatu yang dimurkai Allah Swt. Disamping itu tidak boleh lagi mengulangi perbuatan tersebut, artinya adanya rasa kapok atas perbuatannya tersebut. Inilah yang dimaksud dengan taubatan nasuha yaitu benar-benar mengakui kesalahannya dan tidak mau mengulanginya.

Hadirin yang berbahagia
Demikianlah pidato singkat dari saya, kurang dan lebihnya mohon maaf, saya akhiri.

Wassalam.

2 comments:

 
Blogger Templates