Social Icons

Pages

Thursday 6 October 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG DZIKIR KEPADA ALLAH SWT



Assalamu’alaikum

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الَّذِى لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّاباللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أمّابَعْدُ
Yang saya hormati, Bpk. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 29 sawangan
Yang saya hormati, Bpk dan Ibu guru yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu namanya namun tidak menghormati rasa hormat saya
Dan teman sekalian yang selalu dimudahkan belajarnya.

Marilah di hari yang cerah ini kita tetap bersyukur kepada Allah Swt, karena kita bisa berjumpa dan bertemu dalam acara yang mubarak ini. Sholawat dan salam teriring doa, marilah kita panjatkan puji-pujian kepada Nabi Muhammad Saw,  yang telah membawa agama Islam dari jaman jahiliyah sampai dengan jaman sekarang ini.

Dalam pidato agama Islam kali ini saya akan mengambil tema:
DZIKIR KEPADA ALLAH SWT

Kawan-kawanku sekalian                 
Allah Swt berfirman :

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya”. (Q.S. al Ahzab,41)
Ayat di atas memerintah kepada kita semua untuk selalu berdzikir kepada Allah Swt sebanyak-banyaknya di setiap kesempatan. Berdzikir kepada Allah adalah mengingat Allah dengan menyebut nama-Nya, yaitu mengucapkan kalimat thoybah, seperti basmalah yaitu bismillahirahmanirrahim, tahmid yaitu alhamdu lillahi rabbil ‘alamin, tasbih yaitu subhanallah, tahlil yaitu laa ilaaha illallah dan kalimat thoybah lainnya sebagaimana yang diajarkan oleh al Qur’an dan Hadis.

Kawan-kawanku sekalian
Rasulullah bersabda, yang artinya : Ada salah seorang sahabat naik kendaraan bersama Nabi. Kemudian kakinya tergelincir, lalu orang itu mengucapkan ‘sialan’, Kemudian Rasulullah bersabda : “Janganlah kamu ucapkan ‘sialan’ karena bila demikian, setan akan merasa besar, sehingga memenuhi rumah, akan tetapi ucapkanlah : Bismillah (Dengan menyebut nama Allah), karena bila demikian setan akan mengecil hingga menjadi sekecil lalat”. Hadis diatas menjelaskan kepada kita untuk selalu mengingat Allah dalam pristiwa apapun yaitu dengan menyebut nama-Nya dalam kalimat thoybah.

Kawan-kawanku sekalian
Marilah sama-sama kita banyak berdzikir terutama setelah shalat. Jangan lagi kita bercanda ngobrol-ngobrol yang tidak jelas atau berbuat gaduh dan berisik. Dengan berdzikir kita akan selalu dimudahkan oleh Allah Swt.
Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates