Social Icons

Pages

Friday 7 October 2016

PIDATO SINGKAT CARA MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT

Assalamu’alakum Wr. Wb…
Hamdan wa Syukron lillah was sholatu was Salaamu ‘ala Rosulillah. ‘Amma ba’du
Yang saya hormati, Bapak Mahmud S. Pd selaku kepala sekolah
Yang saya hormati, dewan guru yang mudah-mudahan dirahmati Allah
Teman-teman seperjuangan, adik dan kakak kelas yang saya cintai

Segala puji hanyalah milik Allah, Tuhan semesta Alam yang tiada lelah mengurus makhluknya, tiada batas memberikan rahmat dan rizkinya hingga kita semua senantiasa mengagunginya dengan mensyukuri nikmatnya. Shalawat dan salam tersampaikan selalu kepada kekasihnya sang pembawa kebenaran nabi Muhammad Saw.

Teman-teman yang berbahagia.
Pada kesempatan yang indah ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul :
“Cara Mensyukuri Nikmat Allah”

Teman-teman yang berbahagia….
Pengungkapan rasa syukur meliputi tiga hal, yaitu :
Yang pertama, Mengakui nikmat dalam hati. Artinya, kita meyakini bahwa apa saja yang telah kita rasakan, baik yang berbentuk jasmani maupun rohani, itu adalah dari Allah Swt.
Yang kedua adalah membicarakannya secara lahir atau lisan yang artinya kita senantiasa mengingat dan menyebut-nyebut kemurahan dan kenikmatan Allah yang telah diberikan kepada kita. Hal ini sesuai firman Allah dalam Al-Qur’an surat
Ad-Dhuha ayat 11 yang bunyinya “Wa amma bini’mati robbika fa haddis” yang artinya ”Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya.”

Teman-teman yang berbahagia….
Cara besyukur yang ketiga adalah menjadikan nikmat karunia Allah sebagai sarana taat kepada Allah. Faktor pertama dan kedua belum mencapai nilai haqiqi apabila faktor yang ketiga ini belum dapat diamalkan. Dan hanya orang-orang yang berimanlah yang bisa bersyukur dengan sebaik-baiknya. Merekalah yang tahu hakikat syukur yang sebenarnya.
Kalau kita lihat dan perhatikan di sekitar kita, betapa banyak nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepada hamba-hamba-Nya. Dari nikmat hidup, sarana prasarana penunjang, sampai nikmat yang terbesar yaitu nikmat Iman dan Islam. Dan kalaulah kita hitung nikmat Allah niscaya kita takkan mampu menghitungya.
Oleh karenanya, sudah sepantasnyalah kita selaku hamba Allah yang begitu banyak mendapatkan fasilitas nikmat ini untuk pandai bersyukur atas anugerahnya.

Teman-teman yang berbahagia….
Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Saya Akhiri…

Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates