Social Icons

Pages

Wednesday 5 October 2016

CONTOH PIDATO B.INGGRIS & TERJEMAHANNYA

THE IMPORTANT OF SCINENCE
Assalamu’alaikum…
Alhamdu lillah, alhamdulillahil ladzii ‘allamal qolam, ‘allamal insaana maalam ya’lam. Allahumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa Muhammad Saw wa ‘alaa aalihi wa shohbihi ajma’iin. Amma ba’du..
Dear chairmen..
Dear muslims brother and sister
And dear my friend
All praise be to Allah, who has given us mercies and blessing  until we can meet together  in this program. Solawat and salam always we say to the last prophets and messangers Muhammad Saw, who has brought us from the darkness to the lightness.
Ok, I standing here to deliver a speech under the title :
THE IMPORTANT OF SCINENCE
As we know, in Islam, that the science is very useful and determine, as in the al Qur'an Al-Mujadalah verse 11:
“Bismillahirrahmanir rahiim. Yarfa’illaahul ladziina aamanuu mingkum walladziina uutul ‘ilma darojaat. Wallohu bimaa ta’maluuna khobiir”
"Allah will raise those of you who believe and those who were given some degree of knowledge. and Allah Almighty Be alert to anything you do ".
Therefore, Allah made it command to seek knowledge whenever and wherever, as in the hadith narrated by Ibn Majah:
“Tholabul ‘ilmi fariidotun ‘alaa kulli muslimin”
"Looking for Science was obliged for every Muslim"
Well, that was the Islamic obligation to seek knowledge wherever and whenever. Why mandatory?
“Walaa taqfu maa laisa laka bihi ilmu”
"And do not do Anything that does not know the science".
It can be imagined if we do not know the science of electronics continue to dismantle our computer. Mean heart to fix, but what happened? In fact,
Dear my friends…!
Whatever goals or desires, insha Allah, we can achieve by having knowledge. As the Apostle says "man aroda dunya fa'alaiha ilmi bil, bil fa'alaiha waman arodal akhiro ilmi, waman aroda field for dry rice cultivation fa'alaihim bil ilmi" Who wants the world's life can be achieved by science, Who desires the Hereafter is also achieved by science, and who desire the life of the world and the hereafter they can accomplish with science. so whatever the ideals and desires we can achieve when we have knowledge of course accompanied by hard work in the learning process. Let's search for knowledge by studying and learning to grow up to be a useful person for the nation, religion and parents.
Dear my friends….!
Those  are  what I  can deliver to  you   at this  moment ,thank  a lot  for your attention and  I  ask forgiveness  for  my  mistakes , and the  lass  I  say  : Wabilahi taufik wal Hidayah  Wasalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


TERJEMAHANNYA :

Assalamu’alaikum…
Alhamdu lillah, alhamdulillahil ladzii ‘allamal qolam, ‘allamal insaana maalam ya’lam. Allahumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa Muhammad Saw wa ‘alaa aalihi wa shohbihi ajma’iin. Amma ba’du.
Yang saya hormati tuan MC,
Yang saya hormati kaum muslimin dan muslimat,
Dan tema-temanku sekalian
Segala puji bagi Allah Swt yang telah memberikan kita anugrah dan rahmat sehingga kita bias berkumpul di acara ini. Sholawat dan salam kita sanjungkan kepada nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang menderang.
Baiklah, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya berdiri disini akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul:
PENTINGNYA ILMU PENGETAHUAN 
Seperti kita ketahui, dalam agama Islam ilmu pengetahuan sangat bermanfaat dan menentukan, sebagaimana Allah Swt berfirman dalam surat al Mujaadalah ayat 11 yang berbunyi :
“Bismillahirrahmanir rahiim. Yarfa’illaahul ladziina aamanuu mingkum walladziina uutul ‘ilma darojaat. Wallohu bimaa ta’maluuna khobiir”
“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
Maka dari itu, Allah telah memerintahakan untuk mencari ilmu kapanpun dan dimanapun sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah :
“Tholabul ‘ilmi fariidotun ‘alaa kulli muslimin”
“Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim”.
Jadi, mencari ilmu sudah merupakan kewajiban dalam agama Islam kapanpun dan dimanapun, kenapa demikian?
“Walaa taqfu maa laisa laka bihi ilmu”
“Dan janganlah kau berbuat sesuatu yangmana kau tak tau ilmunya”.
Saya bias mencontohkannya, jika kita kita tidak tau ilmu tentang elektronik kemudian kita membongkar sebuah computer berharap untuk membetulkannya, maka apa yang terjadi? Computer itu malah risak.
Teman-temanku sekalian..!
Apapun tujuan dan kemauannya, isnya Allah, kita dapat mencapainya dengan memiliki ilmu pengetahuan, sebagaimana rasul katakana : Barang siapa yang ingin menguasai dunia maka baginya ilmu, barang siapa yang ingin menguasai akhirat maka baginya ilmu dan barang siapa yang ingin menguasai keduanya maka baginya ilmu”.
Jadi apa pun cita-cita dan keinginan kita dapat mencapai ketika kita memiliki pengetahuan tentu saja disertai dengan kerja keras dalam proses pembelajaran. Mari kita mencari pengetahuan dengan belajar dan belajar untuk tumbuh menjadi orang yang berguna bagi bangsa, agama dan orang tua.
 Demikianlah apa yang dapat saya sempaikan pada kesempatan ini, terima kasih atas per hatiannya, saya meminta maaf apabila ada kesalahan, terakhir saya ucapkan: Wabilahi taufik wal Hidayah  Wasalamu alaikum war wb











No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates