Social Icons

Pages

Thursday 6 October 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG KEUTAMAAN KALIMAT TASBIH



Assalamu’alaikum

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الَّذِى لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّاباللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أمّابَعْدُ
Yang saya hormati, Bpk. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 29 sawangan
Yang saya hormati, Bapak pembina Rohis SMPM 29 Sawangan
Yang saya hormati, Bpk dan Ibu guru yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu namanya namun tidak menghormati rasa hormat saya
Dan teman sekalian yang selalu dimudahkan belajarnya.

Puji syukur kita hanturkan kepada Ilahi Rabbil alamin, yang telah mengkaruniai kepada kita semua, sehingga kita  semua dapat berkumpul di tempat yang mulia ini. Sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada pahlawan besar Islam, pembawa kebenaran penumpas kebatilan dialah nabi Muhammad Saw, yang telah menuntun manusia kepada jalan yang lurus.
            Baiklah, hadirnya saya disini, akan menyampaikan sepatah kata yang bertema :     

KEUTAMAAN KALIMAT TASBIH

Kawan-kawanku sekalian
            Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk selalu berdzikir yaitu dengan selalu membasahi lisan ini dengan menyebut nama Allah atau kalimat thoybah. Kalimat thoybah yang rasulullah ajarkan kepada kita ternyata  memiliki faidah yang amat dahsyat. Di antaranya ada dua yang memiliki keutamaan yang banyak. Kalimat ini sangat ringan di lisan, berat di timbangan akhirat nanti dan sangat dicintai oleh Allah yang Maha Pemurah. Kalimat seperti apakah itu?

Kawan-kawanku yang berbahagia
            Dua kalimat tersebut adalah ‘ Subhanallah wa bihamdi’ dan ‘Subhanallahil ‘adzim’. Rasululah Saw bersabda : “KALIMATAANI KHOFIIFATANI ‘ALAL LISAN, TSAQILATAANI FIL MIIZAN, HABIBATAANI  ILAR RAHMAN, SUBHANALLAH WA BIHAMDI SUBHANALLAHIL ‘ADZIM WA BIHAMDI”.
Artinya : “ Ada dua kalimat yang ringan di lidah, berat dalam timbangan, sangat dicintai oleh Dzat yang Maha Pemurah, yaitu “Subhanallah wa bihamdi Subhanallahil ‘adzim wa bihamdi ( Maha Suci Allah dan dengan memuji kepada-Nya Maha Suci Allah yang maha Agung dengan memuji kepadanya’

Kawan-kawanku sekalian
            Selain dua kalimat tadi, Rasulullah juga memberitahukan kepada kita dengan kalimat thoybah lainnya, diataranya kalimat ‘Subhanallah wal hamdu lillah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar’.
Demikianlah pidato dari saya, semoga membawa manfaat, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates