Social Icons

Pages

Wednesday 5 October 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG BELAJAR IKHLAS

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ
وَا لْمُرْسَلِيْنَ   وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أ مّابَعْدُ
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 29 Sawangan.

Yang saya hormati Bapak Ichwan Darmawan selaku pembina Rohis SMPM 29 Sawangan.
Yang saya hormati dewan guru sekalian.
Serta teman-temanku yang saya cintai.

Puja puji syukur kita hanturkan kepada Allah Swt yang mana telah memberikan kita beribu-ribu nikmat, sehingga kita semua dapat berkumpul di temat yang mulia ini. Sholawat serta salam marilah kita persembahkan untuk nabi akhir zaman ialah nabi Muhammad Saw yang telah membawa umatnya dari zaman kebodohan hingga zaman terang-menderang seperti sekarang ini.
Baikalah berdirinya saya disini hanya ingin menyampaikan seuntaian kata yang berjudul :
AYO BELAJAR IKHLAS

Teman-temanku yang dirahmati Allah
Ikhlas merupakan suatu sifat yang mana semata-mata hanyalah untuk Allah. Sifat ini terkadang sulit sekali untuk ditancapkan dalam diri seorang muslim. Berapa banyak dikalangan umat muslim yang terkadang masih belum mampu memiliki sifat ini, terutama jika Allah memberikan cobaan berupa harta ataupun pengetahuan. Masih banyak pula orang yang beribadah untuk mendapatkan pujian ataupun martabat yang tinggi. Padahal itu semua adalah kesalahan yang amat fatal. Allah berfirman dalam surat Al Furqan, ayat 23 :
Artinya : "Dan kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan".
Maksud dari ayat diatas adalah amalan orang-orang yang melakukan perbuatan baik namun sayangnya bukan karena Allah sehingga Allah membatalkan pahalanya dan dijadikan seperti debu yang berterbangan. Jadi, amatlah sia-sia jika kita beribadah setiap siang dan malam, namun hanya untuk mengharapkan sesuatu selain Allah, seperti ingin dipuji teman, disayang orangtua atau hanya ingin mendapatkan upah. Tidak ada pahala yang didapat melainkan rasa lelah dan letih.
Allah Swt berfirman :
Artinya : Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian Itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)". (Q.S. AL AN’AM :163-164)
Ayat di atas menyebutkan bahwa shalat kita, ibadah kita hidup dan mati kita hanyalah untu Allah. Tiada Tuhan selain Dia yang maha Esa. Jadi apabila kita beribadah berharap kepada selainNya maka kita akan berdosa karena menyekutukanNya. 
Teman-temanku yang dirahmati Allah.
Marilah kita menjadi muslim yang ikhlas mukhlishiina lahuddin dengan begitu Allah pun akan meridhai kita. Demikianlah pidato singkat dari saya, kurang dan lebihnya mohon maaf, saya akhiri
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates