Social Icons

Pages

Wednesday 5 October 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG AMAR MA'RUF NAHYI MUNKAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَا لْمُرْسَلِيْنَ   وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أ مّابَعْدُ
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 29 Sawangan
Yang saya hormati Bapak Ichwan Darmawan selaku pembina Rohis SMPM 29 Sawangan
Yang saya hormati dewan guru sekalian                                                                            
Serta teman-temanku yang saya cintai

Puja puji sykur kita hanturkan kepada Allah Swt yang mana telah memberikan kita beribu-ribu nikmat sehingga kita semua dapat berkumpul di temat yang mulia ini. Sholawat serta salam marilah kita persembahkan untuk nabi akhir zaman ialah nabi Muhammad Saw yang telah membawa umatnya dari zaman kebodohan hingga zaman terang-menderang seperti sekarang ini.
Baikalah berdirinya saya disini hanya ingin menyampaikan seuntaian kata yang berjudul :

AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR
Kawan-kawanku yang berbahagia
Amar maruf nahi munkar adalah menyuruh kepada kebaikan dan melarang kepada keburukan. Seorang muslim sudah seharusnya saling mengingatkan antara satu dengan lainnya, mengingatkan akan kebaikan juga mengingatkan akan keburukan.

Kawan-kawanku yang berbahagia
Annas bin Malik ra. Meriwayatkan dari nabi Muahammad Saw, bahwasanya beliau bersabda yang artinya : “Sesungguhnya diantara manusia itu ada yang menjadi pembuka kebaikan dan penutup kejahatan, dan diantara manusia itu ada yang menjadi pembuka kejahatan dan penutup kebaikan. Maka beruntunglah orang yang dijadikan Allah ta’ala sebagai pembuka kebaikan dan penutup kejahatan, dan betapa celaka orang yang dijadikan Allah sebagai pembuka kejahatan dan penutup kebaikan”.
Yang dimaksud dengan pembuka kebaikan dan penutup kejahatan adalah orang yang menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran. Orang semacam ini merupakan golongan orang-orang yang beriman, contohnya seperti orang yang mengajak untuk belajar, mengaji, shalat berjama’ah di masjid serta ajakan perbuatan lainnya. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah melalui firman-Nya :
   “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
” (Q.S. At Taubah, 71)
Sedangkan yang dimaksud dengan pembuka kejahatan dan penutup kebaikan adalah orang yang menyuruh mengerjakan kemungkaran dan mencegah dari perbuatan baik. Orang semacam ini termasuk qolongan orang-orang munafik. Contohnya seperti mengajak oarang untuk bermain diwaktu belajar, meninggalkan shalat atau berjudi sambil bermabuk-mabukan.
Demikianlah pidato singkat dari saya, kurang dan lebihnya mohon maaf, bila ada sumur diladang izinkan hamba numpang manid, jika ada umur yang panjang Isnya Allah kita jumpa kembali, saya akhiri.
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates