Social Icons

Pages

Thursday 13 December 2018

PIDATO : KEWAJIBAN BERLAKU ADIL


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Hamdan wa Syukron lillah was sholatu was Salaamu ‘ala Rosulillah. ‘Amma ba’du
Yang saya hormati, Bapak Mahmud S. Pd selaku kepala sekolah
Yang saya hormati, dewan guru yang mudah-mudahan dirahmati Allah
Teman-teman seperjuangan, adik dan kakak kelas yang saya cintai

Segala puji hanyalah milik Allah, Tuhan semesta Alam yang tiada lelah mengurus makhluknya, tiada batas memberikan rahmat dan rizkinya hingga kita semua senantiasa mengagunginya dengan mensyukuri nikmatnya. Shalawat dan salam tersampaikan selalu kepada kekasihnya sang pembawa kebenaran nabi Muhammad Saw.
            Baiklah berdirinya saya di mimbar ini akan menyampaikan sebuah pidato yang bertema :
KEWAJIBAN BERLAKU ADIL
Kaum muslimin wal muslimat
Yang dimaksud dengan sifat adil adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya. Contohnya, membuang sampah pada tempatnya atau menghukum orang yang bersalah. Adil juga dapat diartikan memberikan hak orang lain sesuai dengan haknya tanpa mengurangi sedikit pun. Berlaku adil merupakan salah satu sendi kehidupan bermasyarakat. Setiap masyarakat menghendaki terciptanya keadilan demi untuk menjamin kehidupan yang harmonis. Sedemikian pentingnya keadilan, sehingga Islam secara tegas menyuruh kepada siapa saja untuk berlaku adil. Allah Swt berfirman :
* ¨bÎ) ©!$# ããBù'tƒ ÉAôyèø9$$Î/ Ç`»|¡ômM}$#ur Ç!$tGƒÎ)ur ÏŒ 4n1öà)ø9$# 4sS÷Ztƒur Ç`tã Ïä!$t±ósxÿø9$# ̍x6YßJø9$#ur ÄÓøöt7ø9$#ur 4 öNä3ÝàÏètƒ öNà6¯=yès9 šcr㍩.xs? ÇÒÉÈ
Artinya :”Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S. an Nahl, 90).

Kaum muslimin wal muslimat
Setiap orang harus berlaku adil. Akan tetapi sifat adil bagi penguasa jauh ditekankan. Karena jika pemegang kekuasaan tidak berlaku adil, dampak buruknya bagi kehidupan masyarakat akan sangat besar. Berlaku adil harus diterapkan pada siapa saja tanpa membedakan suku, agama atau status sosialnya, termasuk keluarga dan krabat sendiri.

Kaum muslimin wal muslimat
Marilah kita mulai berlaku adil dari diri kita sendir, karena dengan memulai diri sendiri, maka sifat adil itu akan selalu melekat dalam diri kita. Itulah yang bisa saya sampaikan. Kekurangan dan kelebihannya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalam.  

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates