Social Icons

Pages

Saturday 17 October 2015

PIDATO SINGKAT TENTANG MENJAGA SILATURAHIM


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَا لْمُرْسَلِيْنَ   وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أ مّابَعْدُ

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 29 Sawangan
Yang saya hormati dewan guru sekalian
Serta teman-temanku yang saya cintai

Puja puji sykur kita hanturkan kepada Allah Swt yang mana telah memberikan kita beribu-ribu nikmat sehingga kita semua dapat berkumpul di temat yang mulia ini. Sholawat serta salam marilah kita persembahkan untuk nabi akhir zaman ialah nabi Muhammad Saw yang telah membawa ummatnya dari zaman kebodohan hingga zaman terang-menderang seperti sekarang ini.
Baikalah berdirinya saya disini hanya ingin menyampaikan seuntaian kata yang berjudul :
MENJAGA SILATURRAHMI

Kaum muslimin yang dirahmati Allah
            Silaturrahmi merupakan jalinan untuk menjaga kasih sayang sesama saudara. Dengan silaturrahmi maka umat Islam akan saling menyayangi dan menghargai antar sesama, saling mencintai fakir miskin serta menyayangi yatim piatu. Allah sangat  menganjurkan sekali akan silaturrahmi. Sebagaimana firman-Nya :

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan Mengawasi kamu. (Q.S. An Nisa ayat 1)

Itulah firman Allah yang menyuruh kita untuk selalu bertakwa dan menjaga tali persaudaraan. Karena muslim itu adalah saudara antar satu dengan lainnya, maka sudah sepatutnya untuk saling mengasihi dan menyayangi. Kita ini adalah makhluk social artinya tidak akan pernah mampu untuk hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup. Setiap saat pasti akan membutuhkan pertolongan dan perhatian dari orang lain. Bayangkan ! Jika manusia hidup sendiri siapa yang akan menjaganya kalau bukan kedua orangtuanya? Siapa yang menyayanginya kalau bukan saudara-saudaranya? Apabila ia membutuhkan pertolongan, siapa yang akan membantunya kalau bukan tetangganya? Jika ia memiliki masalah, siapakah yang menjadi tempat curahan hatinya kalau bukan teman-temannya? Semua itu merupakan gambaran bahwa pentingnya silaturrahmi untuk mempererat tali persaudaraan sehingga akan hilanglah segala sesuatu yang terkanan mengganjal dihati, seperti rasa iri,dengki dsb.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah
Marilah kita mulai meningkatkan silaturrahmi kita kepada saudara-saudara kita, semoga kita termasuk orang-orang yang berkasih sayang antar sesama.Demikianlah pidato singkat dari saya, kurang dan lebihnya mohon maaf, saya akhiri.
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates