Social Icons

Pages

Saturday 17 October 2015

CONTOH PIDATO SINGKAT TENTANG KEHORMATAN MASJID


Assalamu’alaikum

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الَّذِى لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّاباللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَوَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أمّابَعْدُ
Bapak Kepala sekolah SMP Muhammadiyah 29 Sawangan yang kami muliakan
Para dewan guru yang kami muliakan
Serta para penuntut ilmu sekalian yang berbahagia
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita atas kehadirat Allah Swt, karena berkat rahmatnya kita semua dapat berkumpul di tempat yang mulia ini.
Solawat dan salam mari kita persembahkan kepada baginda alam, nabi akhir zaman, rasulul amin, nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari zaman kebodohan hingga zaman yang penuh ilmu pengetahuan ini.
Baiklah, hadirnya saya disini akan membawakan sebuah pidato yang berjudul :
KEHORMATAN MASJID

Kawanku sekalian yang dicintai Allah
Setiap umat mempunyai rumah ibadahnya masing-masing, umat Kristiani mempunyai gareja, umat Budha mempunyai kuil, umat Hindu mempunyai pura, sementara umat Yahudi mempunyai sinagok. Begitupun dengan Islam mempunyai masjid, tempat untuk beribadah kepada Allah Swt. Masjid adalah tempat kita melaksanakan solat, membaca al Qur’an serta melakukan melakukan ibadah-ibadah lainnya. Namun sayangnya, di zaman sekarang ini sudah banyak di antara umat muslim yang mulai meninggalkan masjid. Mereka lebih memilih pergi ketempat-tempat untuk memuaskan nafsu, seperti mol, diskotik atau tempat-tempat lainnya, sehingga mereka jauh dari Allah karena tidak pernah mendatangi rumah Allah.

Kawanku sekalian
Masjid adalah tempat suci, maka kita sebagai umat muslim harus menjaganya dengan baik, bahkan rasulullah menyuruh kepada kita untuk menghormati masjid dan memuliakannya. Rasulullah bersabda :
Likulli syai’in tahiyyatun wa tahiyyatul masjid rak’atani
Artinya : ”Setiap sesuatu ada penghormatannya, dan penghormatan terhadap masjid adalah sholat dua raska’at”.
Hadis di atas adalah rujukan utama akan adanya shalat tahiyyatul masjid, yaitu sholat penghormatan terhadap masjid. Shalat tahiyyatul masjid sangat dianjurkan oleh Rasululah Saw, karena itu merupakan suatu bentuk penghormatan kita kepada masjid tempat yang suci.  Bahkan ada seorang sahabat yang datang ke masjid lalu ia duduk Rasulullah lalu menujuknya dan menyuruhnya shalat tahiyyatul masjid 2 rakaat.

Kawanku sekalian
Demikianlah pidato dari saya, semoga membawa manfaat, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri
Wassalam

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates