Social Icons

Pages

Wednesday 5 October 2016

PIDATO SINGKAT TENTANG MENJAGA LISAN

Assalamu’alaikum
اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَا لْمُرْسَلِيْنَ   وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أ مّابَعْدُ
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 29 Sawangan
Yang saya hormati Bapak Ichwan Darmawan selaku pembina Rohis SMPM 29 Sawangan
Yang saya hormati dewan guru sekalian
Serta teman-temanku yang saya cintai
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita atas kehadirat Allah Swt, karena berkat rahmatnya kita semua dapat berkumpul di tempat yang mulia ini.
Solawat dan salam, mari kita persembahkan kepada baginda alam, nabi akhir zaman, rasulul amin, nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari zaman kebodohan hingga zaman yang penuh ilmu pengetahuan ini.
Baiklah, hadirnya saya disini akan membawakan sebuah pidato yang berjudul :

MENJAGA LISAN
Kawan-kawanku yang setia
Salah satu panca indra yang ada pada diri kita adalah lisan. Lisan merupakan panca indra yang berfungsi sebagai pengecap rasa. Namun disamping itu, lisan juga memiliki fungsi utama dalam berbicara, karena tanpa adanya lisan manusia tidak akan bisa bicara. Lisan merupakan salah satu anugrah yang Allah berikan kepada kita, maka dari itu kita harus mensyukuri pemberian darinya. Salah satu cara mensyukuri nikmat Allah ini adalah dengan menjaganya baik-baik. Bukan bearti lisan kita takut terkena penyakit, akan tetapi menjaga lisan agar tidak berkata sembarangan.

Kawan-kawanku sekalian
Berapa banyak perbuatan tercela yang timbul dari lisan, diantaranya berbohong, menggunjing, menghina, memfitnah dsb. Itu semua merupakan perbuatan yang berdosa, dan Allah tidak menyukai perbuatan tersebut. Rasulullah Saw bersabda yang artinya :
“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya, memuliakan tamunya dan berkata baik atau diam”.
Jadi diam itu lebih berharga dari pada omongan yang tiada manfaat sama sekali. Kemudian Allah Swt juga berfirman :

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat Raqib dan ‘Atid. (Q.S. Qaf, 17)

Kawan-kawanku sekalian
Demikianlah pidato dari saya, semoga membawa manfaat, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri

Wassalam

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates